Thursday, April 9, 2015

DEFINISI PUBLIK DAN STAKEHOLDER


Publik bukan merupakan kata yang asing bagi kita. Hampir di berbagai media kita melihat dan mendengar kata public. Kata public sebenarnya identik dengan khalayak atau masyarakat, namun banyak definisi public yang dikemukakan oleh para ahli, diantaranya akan dikemukakan berikut ini:
1. Publik didefinisikan oleh Cutlip, Center dan Broom (Cutlip, 2006) sebagai unit social aktif yang terdiri dari semua pihak yang terlibat mengenali problem bersama yang akan mereka cari solusinya secara bersama-sama.
2. Kriyantono (2012) mendefinisikan public sebagai sekumpulan orang/kelompok dalam masyarakat yang memiliki kepentingan atau perhatian yang sama terhadap suatu hal.
3. Menurut Gruth & Marsh dalam Estawara (20012) mendefinisikan public sebagai: “Any group of people who share common interests or values in a particular situations especially interests or values they might be willing act upon”. Dapat diartikan bahwa yang dimaksud dengan public adalah setiap kelompok orang memiliki minat atau nilai-nilai bersama dalam situasi tertentu, terutama kepentingan atau nilai-nilai mereka mungkin bertindak atas kesediaan.
4. Jefkins (2003) mendefinisikan public sebagai kelompok atau orang-orang yang berkomunikasi dengan organisasi, baik secara internal maupun eksternal.
Berdasarkan definisi yang dikemukakan oleh para ahli di atas maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan public pada dasarnya adalah sekumpulan orang yang memiliki kepentingan yang sama untuk tertarik dalam aktivitas dab perilaku organisasi atau perusahaan. Dengan demikian, publik adalah sejumlah orang yang berminat dan merasa tertarik terhadap suatu masalah dan berhasrat mencari suatu jalan keluar dengan mewujudkan tindakan yang konkret. 
Public berbeda dengan stakeholder, tapi public juga sering disebut dengan stakeholder. Untuk melihat perbedaan antara public dengan stakeholder, berikut akan dikemukakan definisi stakeholder menurut para ahli, sebagai berikut:

1. Estaswara (2010) mengemukakan definisi stakeholder sebagai individu atau organisasi baik profit maupun non profit yang memiliki kepentingan dengan perusahaan sehingga dapat mempengaruhi atau dipengaruhi oleh pencapaian tujuan perusahaan.    
2. Definisi stakeholder yang sering dikutip dalam literatur bisnis adalah yang definisi stakeholder yang dikemukakan Freeman (1984) bahwa yang dimaksud dengan stakeholder adalah kelompok atau individu yang dipengaruhi oleh atau dapat mempengaruhi pencapaian tujuan organisasi. Definisi itulah yang oleh Freeman sering disebut sebagai stakeholder dalam arti luas. Namun demikian, dia juga berbicara defisini stakeholder dalam arti sempit. Ini terutama saat dia menggambarkannya sebagai, “kelompok atau individu yang dapat diidentifikasi di mana organisasi menggantungkan kelangsungan hidupnya.”
3. Budimanta dkk (2008) mendefinisikan stakeholder sebagai berikut: “Stakeholder merupakan individu, sekelompok manusia, komunitas atau masyarakat baik secara keseluruhan maupun secara parsial yang memiliki hubungan serta kepentingan terhadap perusahaan.”.
Secara sederhana, stakeholder sering dinyatakan sebagai para pihak, lintas pelaku, atau pihak-pihak yang terkait dengan suatu issu atau suatu rencana. Berdasarkan definisi stakeholder yang dikemukakan di atas maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan stakeholder adalah kelompok atau individu yang dukungannya diperlukan demi kesejahteraan dan kelangsungan hidup organisasi. Dapat dikatakan jika stakeholder adalah orang-orang yang berkepentingan. 
Berdasarkan definisi mengenai public dan stakeholder seperti yang telah dikemukakan di atas maka dapat diketahui jika public mempunyai definisi yang lebih luas. Publik menitikberatkan pada sekelompok orang yang luas cakupannya bisa terdiri dari individu-individu, kelompok-kelompok dan masyarakat yang mempunyai pengaruh besar dalam perusahaan, sedangkan stakeholder merupakan orang atau instansi yang berkepentingan dengan suatu bisnis atau perusahaan. Jadi dapat disimpulkan jika  stakeholder berbeda dengan publik. Stakeholder dapat dikatakan juga sebagai publik, namun publik belum tentu stakeholder atau tidak semua publik adalah stakeholder, walaupun kata “publik” seringkali digunakan untuk menggantikan kata “stakeholder”, namun tidak sebaliknya. Publik sendiri diartikan sebagai sekelompok orang 
yang memiliki kepentingan atau nilai-nilai yang sama dalam situasi tertentu. Ketika suatu publik berhubungan dengan sebuah perusahaan, maka publik tersebut barulah dapat dikatakan sebagai suatu stakeholder yang artinya publik tersebut memiliki kepentingan (stake) dengan sebuah perusahaan atau dalam sebuah isu yang melibatkan perusahaan. Dalam suatu perusahaan, stakeholder tidak hanya investor dan kreditor saja, seiring dengan perkembangan yang mengikuti perubahan bisnis dan kompleksnya aktivitas bisnis perusahaan, stakeholder bisa siapa saja yang turut serta atau mempengaruhi dan dipengaruhi perusahaan, dalam hal ini bisa pemerintah. Dengan demikiam dapat dikatakan jika stakeholder dapat dikatakan sebagai publik, tetapi  publik belum tentu bisa dikatakan sebagai stakeholder.

DAFTAR PUSTAKA
Budimanta, Arif. Dkk. (2008). Corporate social Responsibility Alternatif bagi Pembangunan Indonesia.  Cetakan Kedua. Jakarta : ICSD
Cutlip, Scott M.; Center, Allen H.; Broom, Glen M. (2000).  Effective Public Relations. Jakarta: Prenada 
Estaswara, Helpris. (2010). Stakeholder Relationship in Integrated Marketing Communication. Jakarta : Universitas Pancasila
Freeman, R. Edward. (1984). Strategic Management: A Stakeholder Approach. Boston: Pitman.
Jefkins, Frank Disempurnakan oleh Daniel Yadin. (2003). Public Relations. Terjemahan Haris Munandar. M.A. Jakarta : Penerbit Erlangga
Kriyantono, R. (2012). Public Relation & Crisis Management: Pendekatan Critical Public Relations Etnografi Kritis & Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Group



No comments:

Post a Comment